Minggu, 10 April 2016

Tulisan 2_SS_Bentuk-Bentuk Asuransi


Asuransi Pendidikan

            Bagi para orang tua, tentu saja pendidikan untuk anak adalah yang paling utama. Semua orang tua pasti menginginkan pendidikan yang baik untuk anak – anaknya dan untuk masa depan anaknya yang lebih cerah. Walaupun pemerintah telah menjalankan program sekolah gratis, namun tidak semua sekolah menjalankan program pemerintah tersebut apalagi sekolah swasta dan jenjang perkuliahan, apa lagi untuk sekolah dan universitas unggulan tentu saja orang tua membutuhkan biaya yang besar. Tentu banyak yang bertanya – tanya tentang apa Asuransi Pendidikan itu? Apa saja manfaatnya? Apa sih bedanya asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan? Oleh karena itu, saya akan mengulas mengenai Auransi Pendidikan.
            Pendidikan adalah harta yang sangat mahal harganya. Dengan pendidikan yang baik, kita bisa menjadi manusia dengan kualitas yang baik pula. Karena itu pendidikan menjadi hal yang sangat penting. Asuransi Pendidikan sudah merupakan suatu kebutuhan bagi para orang tua di Indonesia yang ingin menyiapkan pendidikan yang baik bagi anaknya.
            Asuransi pendidikan adalah program investasi dan Asuransi yang dikelola oleh perusahaan asuransi, dimana hasil investasi yang diberikan umumnya lebih tinggi dari pada tabungan pendidikan (Karena pengelolaan dananya bisa menggunakan beberapa instrumen investasi yang lebih progresive). Program asuransinya juga ada yang bisa digunakan untuk kebutuhan asuransi atau rencana keuangan lainnya.
            Bila terjadi resiko meninggal pada orang tua maka polis close dan akan keluar manfaat sejumlah uang pertanggungan yang kemudian dapat digunakan untuk memenuhi seluruh dana pendidikan. Bila terjadi resiko penyakit kritis atau Cacat Tetap Total pada orang tua dan atau pasangan akan keluar manfaat stop bayar dan dilanjutkan pembayarannya oleh asuransi hingga usia orang tua 65 thn. Bila tidak terjadi resiko pada orang tua dalam masa pendidikan maka saldo dana investasi dapat digunakan untuk memenuhi tahapan dana pendidikan dan selesai masa pendidikan, maka polis dapat dilanjutkan untuk rencana keuangan lainnya seperti dana pensiun, dana wisata hingga warisan.
            Bila terjadi resiko meninggal atau penyakit kritis atau cacat tetap total pada orang tua akan keluar manfaat stop bayar dan dilanjutkan pembayaran sejumlah dana tabungannya hingga seolah olah orang tua usia 65 thn. Bila tidak terjadi resiko pada orang tua maka saldodana investasi dapat digunakan untuk memenuhi tahapan dana pendidikan anak dan selesai masa pendidikan, maka polis dapat diwariskan pada anak untuk rencana keuangan masa depannya.
            Jadi dengan kata lain, fungsi dari asuransi pendidikan adalah untuk proteksi atau perlindungan sekaligus dana pendidikan. Orangtua yang menjadi pencari nafkah utama sebagai pemegang polis diharuskan membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan, dengan keuntungan pencairan dana setiap kali anak memasuki jenjang pendidikan baru, entah itu SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi, dan dana asuransi tetap akan diberikan jika orangtua meninggal dunia tanpa keharusan membayar premi lagi.
           
Manfaat Asuransi Pendidikan
            Asuransi Pendidikan memberikan manfaat perlindungan jiwa dengan menanggung resiko kematian atas anda, yaitu menjanjikan sejumlah uang tertentu jika anda sebagai orangtua meninggal dunia. Uang pertanggungan yang diberikan ini biasanya disesuaikan dengan biaya pendidikan anak anda seperti yang sudah disepakati dalam polis.
            Selain memberikan manfaat perlindungan jiwa, Asuransi Pendidikan juga memberikan manfaat sebagai investasi, yaitu dengan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang anda bayarkan. Dan sebagai gantinya, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana tunai yang besarnya telah disepakati dalam polis dan waktu pembayarannya pun juga dijadwal dalam polis, hal ini agar sesuai dengan waktu sekolah anak.

Contoh Kasus 
Tuan A mempunya anak, tuan A mendaftarkan asuransi untuk anaknya, saat tuan A meninggal asuransi mengeluarkan sejumlah uang pertanggungan sesuai dengan kesepakatan polis untuk memenuhi dana pendidikan anaknya. Dan dana tersebut akan dicairkan tiap kali anaknya memasuki jenjang pendidikan baru.
Perbedaan Asuransi Pendidikan dengan Tabungan Pendidikan
            Banyak yang masih tidak tahu apa bedanya asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan. Memang sekilas keduanya tampak serupa, sama-sama mempersiapkan dana pendidikan, memberikan perlindungan asuransi dan investasi. Namun sebenarnya asuransi pendidikan berbeda dengan tabungan pendidikan. Perbedaan utamanya terletak pada risiko dan imbal hasil (return) investasi yang sama sekali berbeda. Mari kita simak apa saja perbedaan antara asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan:

Asuransi Pendidikan
Tabungan Pendidikan
Jaminan
Asuransi pendidikan bukan merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank, dan dengan demikian tidak ada jaminan dari pihak bank. Asuransi ini merupakan produk dari perusahaan asuransi dan meskipun Anda membelinya di bank, bank hanya berperan sebagai agen penjual produk asuransi tersebut.
Tabungan pendidikan (atau ada yang menyebutnya sebagai tabungan rencana atau istilah lainnya) merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank, dan oleh karena itu dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), setidaknya sampai jumlah tertentu dengan ketentuan bunga maksimum. Apabila terjadi sesuatu pada bank bersangkutan, tabungan Anda akan aman karena ada jaminan dari LPS.
Keuntungan Investasi
Besarnya keuntungan dari asuransi pendidikan tidak bisa dipastikan karena tergantung pada beberapa hal, antara lain kinerja investasi dan risiko investasi berdasarkan jenis investasi yang Anda pilih. Misalnya jika memilih reksadana saham sebagai instrumen investasi, maka besarnya keuntungan investasi akan tergantung pada fluktuasi harga saham, demikian juga apabila Anda memilih reksadana pasar uang akan tergantung pada pergerakan pasar uang. Jadi, keuntungan investasi dari asuransi pendidikan tidak pasti, bisa bertambah bisa juga berkurang.
Sementara untuk tabungan pendidikan, tingkat keuntungan yang diperoleh dari bunga tabungan itu sudah pasti, dalam arti Anda akan memperoleh pembayaran bunga sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh bank. Jadi, nilai simpanan Anda di tabungan pendidikan tidak akan berkurang.
Risiko
Dalam asuransi pendidikan, meski ada peluang untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan investasi yang tinggi, bahkan bisa berlipat ganda di atas tabungan pendidikan, namun dibalik itu ada risiko yang tinggi pula.
Sementara itu untuk tabungan pendidikan, bisa dikatakan tidak ada risiko karena keuntungan sudah pasti diperoleh dari bunga tabungan.
Perlindungan
Nilai perlindungan atau proteksi dari asuransi pendidikan bisa dibilang tidak terbatas, tergantung pada kemampuan Anda membayar premi.T
Tabungan pendidikan nilai perlindungan asuransinya umumnya lebih rendah ketimbang asuransi pendidikan. Premi untuk perlindungan asuransi dibayar oleh bank sehingga jumlah uang pertanggungannya terbatas, biasanya hanya sampai maksimum jumlah setoran tertentu.

Analisis :
Asuransi pendidikan merupakan program investasi dan Asuransi yang dikelola oleh perusahaan asuransi, dimana hasil investasi yang diberikan umumnya lebih tinggi dari pada tabungan pendidikan (Karena pengelolaan dananya bisa menggunakan beberapa instrumen investasi yang lebih progresive). Program asuransinya juga ada yang bisa digunakan untuk kebutuhan asuransi atau rencana keuangan lainnya. Dengan adanya asuransi pendidikan ini, dapat membuat orangtua merasa aman akan masa depan anak-anaknya dan tidak merasa khawatir lagi dengan kejadian yang tidak diinginkan suatu saat nanti. Asuransi pendidikan tidak hanya asuransi untuk dana pendidikan saja, namun ada dana untuk rencana keuangan lainnya seperti dana pensiun, dana wisata hingga warisan. Bagi saya pendidikan adalah nomor satu, apa lagi di zaman modern ini, agar mampu bersaing baik dengan bangsa sendiri atau pun bangsa lain. Masih banyak yang orang tua yang bingung dan takut akan biaya pendidikan anak – anaknya yang nantinya akan semakin mahal, apa lagi jika suatu saat mereka harus meninggalkan anak – anak mereka. Dengan asuransi pendidikan, orangtua bisa menyekolahkan anak - anak nya hingga perguruan tinggi. Oleh karena itu, saya merasa tertarik untuk mengulas mengenai asuransi pendidikan ini dan bedanya dengan tabungan pendidikan.





Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar