1.
Alasan
Manajemen Pemasaran Sering Disebut Sebagai Manajemen Permintaan
Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan
pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan,
barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan
individu dan organisasi. Umumnya orang beranggapan bahwa manajemen
pemasaran berkaitan dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk
menjual produk yang telah dihasilkan perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu
sempit, karena biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi
permintaan produk yang tingkatannya berbeda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak
ada permintaan terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya
tidak teratur, atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajemen pemasaran harus
mencari jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini. Jadi,
manajemen pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya mencari dan meningkatkan
permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat tertentu.
Manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi
tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian
tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai
manajemen permintaan.
2.
Perbedaan
Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan dalam konsep
inti pemasaran adalah suatu hal yang penting yang harus dipenuhi oleh setiap
orang baik konsumen maupun pemasar atau produsen karena dari
kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan, dan
dari produk tersebutlah kebutuhan konsumen terpenuhi.
Keinginan
merupakan hasrat ingin atau mengharapkan sesuatu. Seorang pemasar atau produsen
mempunyai keinginan untuk dapat memuaskan konsumen atau pemakai produknya serta
dapat memajukan perusahaannya. Sedangkan seorang konsumen mempunyai keinginan
untuk mendapatkan barang atau produk yang dia inginkan, dan menginginkan
kepuasan dari barang atau produk yang telah dia beli dari pemasar.
3.
Perbedaan
Pasar dan Pemasaran
ü Pasar : konsumen
pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang
berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
ü Pemasaran :
merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau
nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
4.
Bauran
Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran
pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Bauran
pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product,
price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. Penjelasan
mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:
a. Produk
(product)
Produk adalah segala sesuatu yang
dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau
dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b. Harga
(price)
Harga merupakan jumlah uang yang
harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur
dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka
konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan
saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus
dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk
program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c. Tempat
(place)
Tempat termasuk aktivitas
perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan
mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang
dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d. Promosi
(promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa
dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar